Jaringan tersusun dari sel

on Tuesday, February 3, 2009

Jaringan

Sekumpulan sel dengan bentuk dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan. Sekumpulan jaringan akan membentuk organ. Ilmu yang mempelajari mengenai jaringan adalah histologi, atau dalam hubungannya dengan penyakit adalah histopatologi.

Jaringan yang ada pada hewan berbeda dengan tumbuhan.

Ada empat jaringan dasar pada hewan yaitu:

* Jaringan epitel
Merupakan jaringan yang menutupi seluruh permukaan tubuh hewan, juga melapisi permukaan organ tubuh bagian dalam. Berdasarkan strukturnya, jaringan epitel dapat dibagi ke dalam tiga kelompok yaitu epitel pipih, epitel silindris, dan epitel kubus.
* Jaringan pengikat
Merupakan jaringan yang menyokong dan memperkuat jaringan lain. Yang termasuk jaringan pengikat adalah jaringan tulang rawan, jaringan tulang, jaringan darah, jaringan limfe, jaringan ikat longgar, dan jaringan ikat padat. Masing-masing jenis jaringan pengikat ini memiliki fungsi masing-masing misalnya jaringan darah sebagai sistem sirkulasi dan jaringan lemak sebagai penyimpanan energi (dalam bentuk lemak).
* Jaringan otot
Merupakan jaringan yang berperan dalam pergerakan tubuh. Ada tiga jenis sel otot yaitu otot polos, otot rangka, dan otot jantung.
* Jaringan saraf
Merupakan jaringan yang berfungsi untuk menghantarkan rangsangan ke otak untuk diproses dan kemudian melakukan tindakan.

Ada tiga jaringan dasar pada tumbuhan yaitu:

* Jaringan epidermis
Merupakan jaringan yang melapisi seluruh permukaan tumbuhan. Epidermis memiliki berbagai fungsi antara lain mencegah kehilangan air, mengatur pertukaran gas, sekresi hasil metabolisme, dan penyerapan air dan mineral (pada akar).
* Jaringan vaskular
Pada jaringan ini terdapat berkas pembuluh kayu dan tapis. Pembuluh kayu (xylem) adalah pembuluh yang mengangkut air dan mineral dari akar ke daun. Sedangkan pembuluh tapis (floem) adalah pembuluh yang mengagkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.
* Jaringan penyokong

Jaringan penyokong terdiri dari tiga jaringan sederhana yaitu parenkim, sklerenkim, dan kolenkim.

0 comments:

Post a Comment